Rumah Pohon desa wisata panusupan

RUMAH POHON
DESA WISATA PANUSUPAN



                         Kelas                : IX H
                              Disusun oleh    :    1. Sofi Mila Ningrum          
                              
                                                          




SMP NEGERI 1 KARANGMONCOL
TAHUN PELAJARAN 2015/2016





DAFTAR ISI
Cover......................................................................................................................1
Daftar isi................................................................................................................. 2
Pendahuluan...........................................................................................................  3
Isi............................................................................................................................4
Simpulan dan saran................................................................................................. 7















PENDAHULUAN
                 Igir Wringin Merupakan Puncak tertinggi di kawasan wisata Gunung Wringin Desa Panusupan, Rembang, Purbalingga. Wisata ini mulai ramai di kalangan anak muda beberapa pekan ini. Jika anda ingin berwisata ke tempat tersebut kita hanya membayar karcis masuk sebesar Rp.5000,00 . Setelah kita membayar karcis kita bisa langsung naik ke Igir Wringi dengan jalan kaki. Rasa lelah setelah naik ke sana akan terbayar saat melihat betapa keindahannya yang mempesona dapat membuat semua kalangan ingin melihatnya dan menikmatinya. Mungkin bagi beberapa orang terdengar asing, saya yang sejatinya tinggal di kecamatan Karangmoncol saja baru mendengar dan kawan-kawan yang ada di Karangmoncol belum sepenuhnya tau wisata baru ini.
            Puncak igir Wringin ini pun mempunyai ketinggan 640 mdpl, untuk ke tempat ini dibutuhkan perjuangan yang tidak kecil. Anda harus berjalan seperti mendaki puncak gunung, tapi anda tak perlu cemas sepanjang perjalanan Banyak tempat peristirahatan, jalan juga sudah dikelola dengan baik, ada tali dan pagar bambu yang bisa digunakan untuk pegangan ketika anda mendaki, tetapi pengunjung juga sebaiknya berhati-hati karena musim hujan membuat jalan menjadi licin. Kalian juga tak perlu khawatir karena rasa lelah dan keringat yang bercucuran akan dibayar dengan pemandangan yang menakjubkan dari atas bukit ini.

            Di puncak igir wringin kalian akan menjumpai Rumah pohon yang akhir akhir ini jadi andalan wisata beberapa daerah sebut saja kalibiru, jogjakarta, tapi sekarang tenang guys warga Purbalingga, Banyumas, Cilacap, dan sekitarnya bisa menikmati keindahan di rumah pohon igir wringin, ga kalah indah ko.. Selain itu, di kawasan igir wringin ini juga kalian akan disuguhkan wisata lain seperti Curug Luwang areng dan juga ada gunung cilik, luar biasa bukan? ketika kalian lelah, penat kalian bisa main air sepuasnya di curug ini. Bahkan kalian juga bisa camping di puncak bukit ini.








ISI

Igir Wringin terletak di perbatasan Karangmoncol-Rembang, tepatnya di Desa Panusupan. Untuk masuk ke Desa Panusupan, kalian akan melewati jalanan yang cukup panjang dan berliku. Untuk kalian yang bepergian dengan kendaraan bermotor, harap diperhatikan juga bahan bakarnya. Disarankan untuk mengisi full/penuh.  Tiket masuk wisata Igir Wringin sendiri dikenakan biaya sebesar Rp5.000,- sedangkan untuk parkir sepeda motor dikenakan biaya sebesar Rp2.000,-. Jadi bawa uang Rp10.000,- saja sudah cukup. Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi ke sana.
            Namun yang perlu diperhatikan disini adalah fisik kalian. Jalanan menuju puncak Igir Wringin sangat menanjak, hampir 60 derajat kemiringannya. Jadi perlu fisik yang prima dan bugar. Yah walaupun sudah ada anak tangga dan pegangan di tiap tepi jalan, tetapi kalian harus tetap hati-hati dan waspada. Perbekalan pun tidak kalah pentingnya. Kalian akan merasakan haus dan lapar di jalan.
            Oleh karena itu bawa seperlunya saja untuk bekalnya. Perjalanan kurang lebih 1,5 jam untuk mencapai puncak Igir Wringin. Di puncak Igir Wringin kalian akan disuguhi pemandangan yang menurut saya sangat indah. Kalian bisa melihat keseluruhan Kota Purbalingga dari atas bukit. Atau jika kalian berani, cobalah untuk menaiki rumah pohon yang dibuat oleh warga. Tapi selalu hati-hati dan waspada. Igir Wringin akhir-akhir ini sedang banyak dikunjungi oleh orang-orang, ada yang dari Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara bahkan ada yang datang khusus dari luar kota, seperti Jepara, Semarang, Jogja dan lain sebagainya.
            Apalagi jika kalian mengunjungi waktu weekend ataupun liburan, pasti akan bertemu dengan ratusan orang yang mendaki ke Igir Wringin. Untuk saran saja, jika mau ke sana pas waktu pagi harinya atau sore harinya. Ini supaya tidak terlalu panas di jalan. Dan juga lihat untuk cuacanya, kalau misalkan hujan kalau bisa jangan ke sana. Ini karena medannya itu rata-rata terbuat dari tanah, jadi kalau kena hujan, takutnya licin dan jelas mengganggu perjalanan kalian.  Ini saya bagikan rute untuk menuju Igir Wringin:   
            Bagi anda yang sudah biasa menikmati matahari terbit di patai, cobalah kunjungi tempat wisata Purbalingga di Desa Panusupan yaitu Igir Wringin. Tempat wisata ini baru dibuka kurang lebih 1 bulan yang lalu, sudah menyedot ribuan pengunjung dari masyarakat umum, anak anak, remaja, bahkan dari beberapa komunitas pecinta alam.



Foto foto

                                                             gambar rumah pohon 

         
lintasan pertama menuju rumah pohon 


                                            pemandangan sepanjang perjalanan rumah  pohon 






                             Foto bersama komunitas “Ngetrip Kita Ngebolang” dari Purbalingga





 gambar curug dibawah rumah pohon 

                                                     










KESIMPULAN

a.    Simpulan
                 Igir wringin merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Desa Panusupan. Di sana memiliki rumah pohon yang tak kalah dengan rumah pohon yang ada di tempat lain. Selain itu igir wringin juga menyuguhkan berbagai keindahan alam yang masih asri dan terjaga. Tidak hanya rumah pohon , kita juga dapat melihat curug kecil dan Gunung kecil di pos 1 . Jika kita sudah mencapai puncak rumah pohon atau igir wringin kita dapat melihat seluruh pemandangan desa panusupan dan desa desa sekitarnya.

a.    Saran
Jangan ragu untuk berkunjung ke tempat ini, dan janga lupa menjaga kelestarian Alam kita. Ya dimulai dari diri kita sendiri, dengan tidak membuang sampah sembarang, dan dengan tidak merusak tanaman tanaman yang ada,, Oh iya untuk pengunjung siapkanlah fisik yang bugar, perlengkapan pendakian, jas hujan, konsumsi suapaya semua aman terkendali dan ingat :Jangan mengambil apapun selain gambar. Jangan memburu apapun selain waktu. Jangan meninggalkan apapun selain jejak .jangan meninggalkan api sebelum padam












DAFTAR PUSTAKA
                 http://www.imaniawan.id/2015/12/igir-wringin-rumah-pohon-panusupan.html
http://sumampir.penadesa.or.id/2015/12/23/igir-wringin-hijaunya-purbalingga-di-ketinggian/
http://www.kompasiana.com/fandimin/memandangi-kota-purbalingga-dari-rumah-pohon-igir-wringin_5680b1253dafbd2807748b7d
http://tantodanardwi.blogspot.com/2015/12/puncak-igir-wringin-menikmati-hijaunya_31.html
http://lintas24.com/nikmati-sunrise-di-puncak-igir-wringin-panusupan-purbalingga.html







Comments

Popular Posts