Assalamu'alaikum wr wb .Hallo bertemu lagi dengan Sofi. Di sini saya akan menulis artikel untuk kalian semua tentang bagian bagian CPU . 




1.    Prosesor















Processor adalah sebuah chip kecil yg berfungsi sebagai pemikir atau pemroses semua perintah yg diterima oleh CPU.
2.    Motherboard





         









Motherboard adalah sebagai papan sirkuit atau sebagai penghubung dari semua komponen yg ada di dalam CPU,agar dapat saling berhubungan dan berkomunikasi dan sebagai peletak komponen komponen penting CPU.
3.    Harddisk




           













  Fungsi hardisk adalah sebagai tempat penyimpanan semua data yg ada di dalam komputer tersebut, seperti data music, videos, picture, dll.
4.    Power Supply




        















 Fungsi untuk mengalirkan daya listrik menuju komponen-komponen lainnya agar dapat hidup dan bekerja.
5.    Fan













           


 Kipas merupakan sistem pendingin komputer yang paling sering ditemukan biasanya terpasang di cassing, prosesor atau VGA. Fungsinya untuk sirkulasi udara, ada yang mengarahkan udara ke prosesor atau VGA agar tidak panas.

6.    Heatsink












Heatsink adalah logam yang didesain khusus yang terbuat dari aluminimum atau tembaga yang berfungsi untuk memperluas transfer panas dari sebuah prosesor.
7.    DVD/CD Room












Fungsi untuk membaca data apa pun yg telah kita masukkan ke dalam cd/dvd.
8.    Sound card










Sound Card, dari nama komponen ini sepertiya kita sudah bisa menebak apa tugas dari sound card tersebut. ya..tentu, fungsinya adalah memerima sinyal digital dari komputer dan menjadi gelombang dan menghasilkan sinyal sonic. Jadi semua perintah suara yg ada di komputer kita sound card inilah yg memprosesnya sebelum mengeluarkannya melalui speaker.
9.    RAM














RAM adalah sebuah kartu grafis yg berfungsi untuk menampung data yg telah terproses oleh processor sebelum ditampilkan dari perangkat yg ditujukan. pemilihan ukuran RAM sebaiknya dilihat dari apa fungsi komputer itu nantinya, jika hanya dipergunakan dalam tingkat yg biasa saya rasa ukuran RAM 2giga itu sudah cukup, tetapi jika kita ingin menggunakangunakan komputer itu untuk desain grafis, bermain game berat, atau pun untuk membuka aplikasi-aplikasi yg besar, sebaiknya kita pilih RAM dengan ukuran 4giga atau dengan ukuran yg lebih besar lagi karna semakin besar RAM yg kita gunakan akan semakin bagus juga performa dari komputer kita.


10.          Cassing

 










          






Casing adalah bagian terluar dari CPU. Berfungsi untuk menutupi dan melindungi komponen-komponen lain dari kotoran debu, dll. CPU juga memiliki fungsi sebagai dudukan atau tempat berdirinya komponen-komponen lain agar dapat berhubungan dengan kuat.

11.          VGA Card









          




VGA card merupakan komponen komputer yang berfungsi untuk menampilkan kelayar monitor. Terdapat dua jenis, yang pertama VGA Onboard, yaitu sudah ditanamkan pada motherboard dan VGA card tambahan yang fungsinya juga sama. hanya saja dengan VGA card kita bisa menaikan performance VGA komputer dengan RAM yang lebih tinggi sehingga kinerjanya akan lebih cepat dan bagus dalam menampilkan gambar dengan resolusi tinggi.
12.          LAN CARD
              








          


Kartu jaringan (network interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer . Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet , Token Ring , dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter.
13.             Battery CMOS





Battery CMOS (Complimentary Metal Oxide Semicondutor) merupakan sebuah battery kecil yang digunakan untuk memberi daya pada BIOS dan juga untuk menyimpan semua settingan yang ada pada BIOS. Bentuk seperti battery jam tangan, hanya saja bentuknya yang lebih besar. Dengan mencabut battery tersebut dari motherboard, itu sama saja kita mengatur ulang settingan BIOS ke pengaturan default, karena semua data yang tersimpan pada battery CMOS tersebut akan hilang. Jadi, jika kamu lupa password BIOS kamu, cabut saja battery  CMOS
14.     PS/2 Mouse Port 
Konektor hijau 6 pin ini adalah port untuk memasang mouse pada Motherboard .
16.               Slot SATA 

        fungsi yang sama, yaitu untuk penghubung Hardisk atau CD-ROM ke motherboard. Ciri fisk dan slot IDE adalah bentuknya yang agak memanjang, menyesuaikan dengan kondisi fisik kabel data IDE. Sedangkan untuk slot sata, bentuk fisiknya lebih kecil, dan tidak terlalu memakan tempat, karena kabel data SATA juga bentuknya relatif kecil.


Tolong tinggalkan saran dan komentar di kolom komentar ya. 
Semoga bermanfaat , Wassalamu'alaikum wr wb . 

Sumber : 
http://meylly93.blogspot.co.id/2012/05/komponen-bagian-cpu-dan-fungsinya.html
http://sigitgrafikaoioi.blogspot.co.id/
http://hotspot-pi.blogspot.co.id/p/komponen-komponen-cpu.html
http://www.pintarkomputer.com/bagian-bagian-komponen-motherboard-dan-fungsinya/
http://spot-blogz.blogspot.co.id/2014/04/komponen-komponen-dalam-motherboard-fungsi-fungsi.html








                                                                                                                  












Comments

  1. How to Bet on Horse Racing - Mapyro
    How 이천 출장샵 do I find 당진 출장안마 horse racing bets in the US? If you 군산 출장안마 are searching for sportsbook sites that are legal in 김해 출장샵 the United States, please click 양산 출장안마 the green button below and

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts